Bagaimana mengukur suhu tubuh dengan benar

termometer pengukur suhu tubuh

Alat Pengukur Suhu Tubuh - Dari tempat di tubuh hingga pilihan termometer yang benar - kami menunjukkan cara mengukur suhu tubuh Anda dengan benar. Anda juga akan mencari tahu mengapa ketepatan teknis dan reliabilitas klinis dari pengukuran tidak perlu bingung.

Pilih bagian tubuh Yang Ingin Di Ukur

A. Pengukuran rektal
Mengambil pengukuran rektal adalah cara yang paling dapat diandalkan untuk mendapatkan nilai suhu inti. Variasi hasil dengan jenis pengukuran ini rendah dan presisi sangat tinggi. Kisaran suhu normal kira-kira antara 36,2 ° C dan 37,7 ° C.

B. Pengukuran Miss V
Pada wanita, mengambil suhu vagina dibandingkan dengan suhu dubur dengan stabilitas pengukuran  suhu tubuh yang sebanding memberikan suhu inti sedikit lebih rendah - rata-rata 0,1 ° C hingga 0,3 ° C.

C. Pengukuran oral
Pengukuran oral dapat diambil sebagai pengukuran bukal (di pipi) atau sebagai pengukuran sublingual (di bawah lidah). Dalam kedua kasus, suhu yang diukur di bawah nilai pengukuran rektal yang terukur - sekitar 0,3 ° C hingga 0,8 ° C. Dengan demikian pengukuran sublingual lebih baik daripada pengukuran bukal.

D. Pengukuran aksila
Mengukur suhu permukaan tubuh biasanya dilakukan oleh staf medis di ketiak (pengukuran aksila) dan di selangkangan. Tiap anggota ditekan ke tubuh untuk mengurangi kemungkinan pengaruh suhu sekitar. Namun, ini hanya mungkin hingga massa tubuh tertentu dan jenis pengukuran ini juga membutuhkan waktu yang lama.

Pada pasien dewasa, suhu pengukuran aksila lebih rendah daripada pengukuran dubur - sekitar 0,5 ° C hingga 1,5 ° C! Pada anak-anak, perbedaan dari nilai pengukuran rektal lebih rendah.

2. Memilih termometer yang tepat
Ada berbagai termometer untuk dipilih, tergantung pada area tubuh mana Anda ingin mengukurnya.

A. Termometer telinga
Di sini, suhu gendang telinga diukur dengan sensor inframerah. Ujung termometer hanya dimasukkan ke dalam liang telinga dan hasil pengukuran disediakan hanya dalam satu detik! Selain kemudahan penggunaan, metode pengukuran ini juga sangat andal - asalkan keandalannya telah terbukti untuk tujuan klinis. Pengukuran termometer telinga dengan hati-hati diukur dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi dan memiliki variasi hasil yang rendah. Sebuah ujung termometer yang berbentuk optimal adalah prasyarat untuk pengukuran yang tepat pada bayi dan anak-anak.

B. Termometer dahi
Ini dianggap sebagai cara yang paling tidak mengganggu dan karenanya paling nyaman untuk mengukur suhu tubuh. Termometer dahi diletakkan di dahi pasien. Sensor inframerah mendeteksi nilai tertinggi yang terukur, sementara sensor kedua mengukur suhu sekitar. Perbedaan antara dua nilai terukur ini, dengan mempertimbangkan perhitungan pemerataan klinis, memberikan suhu tubuh yang ditunjukkan pada layar LCD.

3. Perhatikan akurasi pengukuran suhu
Penting untuk membedakan antara keakuratan teknis dengan mana termometer mengambil pembacaan dan keandalan klinis dari metode pengukuran tertentu. Keakuratan termometer ditentukan dalam kondisi ideal sesuai dengan norma teknis yang relevan, untuk menjamin kualitas alat ukur. Modern termometer berkualitas tinggi mengukur dengan akurasi +/- 0,1 ° C.

Ketepatan teknis dan keandalan klinis dalam penggunaan termometer tidak boleh bingung. Suhu tubuh manusia bervariasi tergantung pada suhu tubuh dan waktu pengukuran. Ini karena faktor fisiologis dan harus dibedakan dari kerusakan termometer. Akurasi pengukuran terutama tergantung pada apakah termometer digunakan dengan benar (baca instruksi operasi!).

Hal berikut ini berlaku: Suhu tubuh yang diukur selalu bergantung pada tempat pengukuran dilakukan. Bertentangan dengan pandangan yang meluas, tidak ada "suhu normal". dan semoga informasi diatas bisa dapat membantu anda untuk mengetahui berapa suhu panas yang saat ini anda rasakan. 
nah untuk lebih tahu cara menurunkan panas silahkan kunjungi. cara menurunkan panas

Komentar

Postingan Populer